Kebudayaan

Topeng Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota wisata yang ada di Jawa Timur. Banyak kebudayaan yang bisa dilihat dan dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Malang. Mulai dari tariannya, lukisannya, dan seni lainnya yang bisa ditunjukkan. Seni yang sudah terkenal di kota Malang salah satunya adalah Topeng. Di kota Malang pertunjukkan kesenian tari ditunjukkan atau ditampilkan dengan menggunakan topeng yang biasa disebut dengan topeng malangan. Apakah kalian sudah paham tentang topeng malangan yang menjadi salah satu ciri khas dari kota Malang? Kalau belum tau kuy kita cari tau ..

Awal mula dari topeng malang

Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Topeng malang yang bisa juga disebut dengan wayang  topeng adalah sebuah tradisi dan kebudayaan asli dari kota Malang. Nah, untuk sejarah atau asal usul dari topeng Malang ini berhubugan dengan era kerajaan kanjuruhan pada saat itu. Dalam sejarah kerajaan kanjuruhan ada seorang raja yang berad apada masa kejayaannya yaitu raja gajayana pada masa ke-8 masehi yang ditunjukan sebagai hiburan atau tontonan bagi raja dan rakyatnya. Kebudayaan ini merupakan suatu budaya campuran antara budaya india dan jawa-kanjuruhan. Untuk cerita yang sering dikisahkan pada saat itu adalah cerita pewayangan india seperti Ramayana dan mahabarata. Namun sejak pemerintahan raja erlangga kesenian topengi ini diubah menjadi kebudayaan biasa dan hanya sebagai tarian saja. Tujuannya adalah untuk mendukung fleksibilitas para penari saja ker ..

Lalu bagaimana ciri khas atau rupa khas topeng khas malang?

Untuk rupa yang dimiliki oleh topeng khas malang ini memiliki ciri khas sendiri nawak, salah satunya adalah topeng ini memiliki pahatan karakter seorang wajah pada kayu yang lebih nyata. Kadit itu ajas nawak, ciri khas topeng malang lainnya adalah memiliki warna yang beraneka macam daripada daerah lainnya. Seperti contohnya merah, putih, kuning, hijau, dan hitam. Warna tersebut juga memiliki arti lho nawak.. dari keberanian, kesucian, kesenangan, kedamaian dan kebijaksanaan.

Sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Topeng Malang punya karakter apa aja sih nawak?

Yang pertama ada panji asmoro bangun. Tokoh yang pertama ini merupakan tokoh yang bias mengatur naik turunnya konflik pada sebuah cerita atau sebuah pertunjukan. Topeng ini memiliki warna hijau yang mengartikan bahwa dia merupakan seorang yang baik hati. Memiliki sifat yang jujur, sabar. Sedangkan bibirnya yang sedikit terbuka menunjukkan memiliki hati yang lembut. Yang kedua ada dewi sekartaji. Dewi sekartaji ini terkenal dengan seorang yang suci, lembut dan baik hati. Yang ketiga adalah gunung sari. Topeng ini juga merupakan sebuah lambing dari seorang yang baik hati dan suci.

Itulah sejarah singkat dari topeng malang yang menjadi salah satu ciri khas dari kota Malang. Jika umak ingin berkunjung ke Malang maka harus melihat pertunjukan dari topeng malang ini ker. Oyi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *